freshnel

Apa Itu Badal Umroh, Syarat, dan Tata Caranya

Apa Itu Badal Umroh, Syarat, dan Tata Caranya

Pada saat seseorang yang akan melakukan ibadah umroh namun tidak bisa melaksanakannya dikarenakan udzur atau halangan apappun. Maka badal umroh lah solusi bagi permasalahan tersebut. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas mengenai apa itu badal umroh syaratnya dan tata cara melaksanakan badal umroh.

Apa Itu Badal Umroh

Sebelum kita akan membahas mengenai syarat dan tata cara badal umroh. Mari kita pahami terlebih dahulu mengenai apa itu badal umroh. Badal umroh adalah sebuah ibadah umroh seperti umroh pada umumnya namun perbedaan ada di bagian niat nya. Karenan badal umroh adalah umroh untuk mewakili orang lain atau ibadah umroh untuk mengumrohkan orang lain.

Syarat Badal Umroh

Setelah memahami pengertian badal umroh lantas apa syarat untuk melakukan badal umroh. Nah jika seseorang ingin melakukan badal umroh maka syaratnya adalah dia harus sudah pernah umroh untuk dirinya sendiri. Artinya badal umroh yang dia lakukan adalah umroh yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Syarat selanjutnya adalah orang yang akan dibadalkan benar benr sedang mengalami udzur atau halangan tertentu contoh sedang sakit berat, faktor usia tidak memungkinkan untuk berangkat dan yang diwakilkan sudah wafat.

Berdasarkan madzhab imam Syafi’i, melaksanakan badal umroh adalah ketika seseorang itu benar benar sangat tidak mampu melaksanakan ibadah umroh, Adapun kondisi lainnya adalah usia renta atau sudah wafat. Artinya saya tegaskan kembali bahwa kondisinya sangat tidak memungkinkan untuk melaksanakan umroh secara langsung.

Baca juga : https://freshnel.com/tutorial-aktivasi-paket-roaming-telkomsel-untuk-perjalanan-umroh/

Tata Cara Badal Umroh

Sekarang kita masuk bagaimana tata cara badal umroh. ternyata pelaksanaan badal umroh sama persis semperti umroh pada umumnya namun saja seperti yang sudah disinggung oleh penulis diawal bahwa perbedaannya hanyalah dari niat saja.

Kesimpulan

Itulah pengertian terkait apa itu badla umroh, syaratnya dan tata cara pelaksanaan badal umroh. Semoga Bermanfaat.

***

Sumber :

https://umroh360.com/blog/pengertian-badal-umroh-syarat-dan-tata-caranya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *